FaceBook Icon
Facebook Icon

Senin, 26 April 2010

Pentingnya Air Bagi Kesehatan

Air di dalam tubuh kita tak ubahnya seperti air di sungai yang mengalir secara terus menerus siang dan malam, dan itu tidak berhenti selama kita hidup.  Pada konsep terbentuknya manusia, telur yang dibuahi ternyata 96% adaklah air.  Setelah bayi lahir, kandungan airnya berkurang menjadi 80%.  Semakin bertambhnya usia, komponen air yang ada di dalam tubuh manusia akan terus berkurang dan menetap sampai batas 70% ketika manusia mencapai usia dewasa.

Air adalah kehidupan . Orang bisa tidak makan dalam jangka yang sangat lama namun tidak bisa kehausan dalam waktu lama . Allah SWT berfirman :
Wa ja-‘alnaa minal maa-i kulla syai-in hayyin, afalaa yu’minuun
Artinya :” dan kami jadikan dari air segala sesuatu menjadi hidup, maka mengapakah mereka tidak juga beriman” (Q.S. Al-anbiyaa : 30)

Firman Allah SWT tersebut diatas telah disampaikan oleh Rasulullah SAW sejak 15 abad yang lalu, mendahului temuan manusia bahwa memang air adalah komponen yang sangat penting bagi kesehatan.



Dengan jalan minum air yang banyak terutama air yang hangat, sel-sel pada organ tubuh yang rusak akan segera tergantikan oleh sel yang baru melalui zat-zat makanan yang diangkut oleh air.  Bagi orang yang mengalami sakit demam, minum air yang hangat akan sangat membantu menyembuhkan penyakit tersebut.

Minum air sebanyak-banyaknya tidak akan merugikan kesehatan, tetapi justru sebaliknya tidak ada dampak buruk jika kita onsumsi air terlalu banyak. Kotoran-kotoran tubuh akan cepat keluar lewat urine yang keluar akibat minum terlalu banyak.  Selain itu jika kita banyak minum air ginjal akan selalu mengeluarkan cairan yang tidak diperlukan oleh tubuh, terkecuali jika anda menderita gagal ginjal sehingga mau tidak mau harus membatasi cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Air tidak mengandung kalori, gula, lemak sehingga menyehatkan.  Bahkan minum air dapat menyembuhkan penyakit ginjal kronis.  Bila air yang kita konsumsi semakin berkurang maka penyakit yang kita derita akan semakin lama sembuhnya, bahkan mungkin akan semakin parah.

Hampir semua reaksi tubuh kita memerlukan air, bila konsumsi air sangat sedikit maka reaksi yang terjadi di dalam tubuh akan terganggu, oleh karena itu konsumsi air harus cukup agar metabolisme tubuh tidak terganggu dan berjalan normal.  Bagi yang ingin  sehat dan terhindar dari penyakit, minumlah air sedikitnya 8 gelas ( 2 liter ) sehari.

Nah, pembaca, bagaimana? sudah tercukupikah kebutuhan cairan anda?



Diadaptasi dari buku “ SEHAT MURAH DENGAN AIR” ( Yolanda Amirta )
 
Share

0 komentar:

Bagaimana Pendapat Anda?


Terima kasih atas kunjungan anda....!!!
Silahkan tinggalkan komentar anda
Dan Tolong jangan tinggalkan komentar
yang bernada SPAM